Fep Binusian 2019 Experience

Halo Readers

Perkenalkan, nama saya Samuel Christian Binusian 2019

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya selama Fep (Freshmen Encrichment Program) selama di Binus. Tanpa basa-basi lagi mari kita simak.

          GO (General Orientation)

Pada hari pertama Go , kami berkumpul di kampus Syahdan yang berada di kemanggisan , kami berkumpul pukul 09.00 wib. Disana kami di bagi menjadi beberapa kelas dimana setiap kelas terdiri dari 60-70 siswa , dan di kelas tersebut sudah ada kakak-kakak dari kampus yang akan memandu kami , mereka di namakan Buddy Coordinator (BC) sedangkan kami dinamakan Buddy.

Dihari pertama ini kami di berikan briefing pendek mengenai hal-hal yang perlu disiapkan pada saat kegiatan Fep berlangsung. Kami juga memperkenalkan diri kami satu persatu kepada teman-teman fep serta para Bc , begitu juga sebaliknya para Bc memperkenalkan nama mereka. Di hari pertama ini terasa sedikit tidak nyaman. Bagaimana tidak ? ketika saya masuk ke kelas , kelas dipenuhi oleh orang-orang yang tidak saya kenal, saya pun enggan mengajak teman sesama mahasiswa baru disekitar saya berkenalan. Namun pada akhirnya saya pun mengajak kenalan mereka dikarenakan kakak-kakak Bc meminta kami saling berkenalan sambil menunggu materi briefing.

Pada hari pertama tidak hanya menerima briefing mengenai informasi mengenai fep , tapi kami juga memilih 2 org sebagai komti dan wakomti atau bisa di sebut sebagai ketua dan wakill ketua kelas. Setelah briefing selesai kami pun di persilakan pulang.

Keesokan hari nya kami kembali berkumpul di kampus syahdan di kelas yang sama pada jam yang sama , pada hari pertama fep ini saya terlambat dikarenakan telat bangun ^^ ,hari pertama aja udah terlambat yahh 😀 , untungnya saya ahli dalam mengendarai motor sehingga saya hanya telat 10 menit , saat hendak memasuki kelas, saya mengira kakak-kakak Bc ini akan memarahi saya karena telat , namun saya sudah menyiapkan mental , saat masuk kelass , tanpa disangka-sangka kakak Bc hanya menyuruh saya absen dan mengambil tempat duduk , sangat berbeda dengan mos ketika smp dan sma dimana biasanya para senior membully para juniorny -_- …

Hari kedua ini saya mengenakan kemeja putih serta celana panjang kain untuk mengikuti acara fep ini , kembali lagi sangat berbeda dengan mos smp dan sma dimana kita diminta mengenakan atribut yang notabene gajelas dan cuma memalukan diri sendiri -_- …….

Hari kedua ini kami diminta untuk membuat yel-yel yang akan ditampilkan pada saat expo ketika acara fep berakhir , kami juga diminta untuk mempelajari lagu mars binusian dan mars binus , kami diminta menyanyikan lagu ini bersama – sama dengan para bc. Tujuanya adalah ketika kami mengikuti upacara penerimaan mahasiswa baru ketika kami diminta menyanyikan lagu mars binusian dan mars binus kami dapat menyanyikanya. Kami juga diminta untuk membawa 2 buah balon nitrogen saat upacara penerimaan mahasiwa baru. Para Bc membimbing kami dengan sangat baik , tidak ada senioritas , tidak ada teriak-teriakan seperti mos , mereka semua sangat baik kepada kami dan beberapa diantara mereka suka melawak.

Dihari ketiga kami di mengikuti upacara penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan di kampus syahdan , pukul 07.00 kami sudah berkumpul dilapangan bersama dengan para bc. Terlihat suasana dilapangan sangat ramai , ada yang mengobrol , ada yang bercanda , ada yang main hp , ada juga yang sibuk menghafalkan lagu yang akan dinyanyikan 😀 , yahh saya sendiri jg tidak begitu menghafal lagu tersebut , tanpa disangkaa para Bc kami membagikan kertas kecil yang ternyata…… berisi lirik lagu yang akan dinyanyikan. Wow mereka memberikan contekan kecil agar kami tidak lupa saat bernyanyi , dimana hanya Bc kelas kami yang melakukanya. yah BC kelas kamii memang yang paling top hahahaa 😛

selama upacara berlangsung , upacara di pimpin oleh Rektor Binus sendiri yaitu Bapak Prof Drs Ir Haryanto Prabowo MM ( woww) , sudah professor , doktor , insyinyur pula 😀 … para Dean dan dosen juga memperkenalkan diri pada kesempatan kali ini. upacara diakhiri dengan melepaskan balon nitrogen yang kami bawa.

hari keempat kami fokus menyelesaikan yel-yel yang akan ditampilkan pada esok hari yaitu acara penutupan fep , disini kami didukung oleh para kakak – kakak Bc untuk menyelesaikan yel-yel tersebut , bahkan mereka menemani kami membuat yel-yel sampai pukul 7 malam ketika kelas fep selesai .. mereka memang the best ^^ tidak lupa disela-sela acara fep berlangsung kami berfoto-foto ( eksis 😀 )

1438415458194143841532268714384152979801438415710810 1438415559721 1438415912987

Akhirnya hari terkahir fep GO pun tiba , disini kami diminta berkumpul didepan hall utama syahdan , nampakk begitu banyak  mahasiwa baru sudah berkumpul disana , kami pun di pisahkan sesuai dengan kelas masing-masing , disini kami menampilkan yel-yel yang telah kami buat bersama dengan para bc

1438495778467

setelah menampilkan yel-yel acara pun dilanjutkan dengan penampilan Bboy , beatbox dari para mahasiswa baru dan diakhiri dengan expo , pada expo disini , ada banyak unit kegiatan mahasiswa dan himpunan jurusan juga berbagai komunitas yang dapat kita daftar , saya sendiri mendaftarkan diri sebagai bagian dari BNCC ( Binus Computer Club ) juga Binus Basketball.

Pada General Orientation ini saya mendapat teman baru , juga para kakak-kakak yang luarbiasa baik , sangat berkesan , tidak seperti universitas lain , Fep di Binus ini memang menyenangkan dan tak terlupakan.

 

         Inagurasi

Pada tanggal 3 september kami semua berkumpul di Jcc untuk mengikuti acara Inagurasi. Apa itu inagurasi ?? inagurasi adalah acara peresmian mahasiswa baru dimana , Rektor Binus memakaikan Jaket almamater kepada perwakilan mahasiswa baru yang diikuti oleh seluruh siswa , dalam acara ini di bagi menjadi 2 shift , setiap shift terdiri dari 3 ribu mahasiswa , bayangkan betapa banyaknya mahasiswa binus hahaha.

Seperti yang kita ketahui karena mahasiswa binus begitu banyak , maka acara peresmian ini dilaksanakan di JCC ( Jakarta Convention Center) , ini merupakan pertama kalinya saya memasuki gedung JCC , dan gedung ini sangat besarr , walaupun sangat besarr tapi acara peresmian masih dilaksanakan 2 shift , bisa terbayang bukan betapa banyaknya mahasiswa binus. Dalam acara ini tidak hanyaa peresmian mahasiswa baru tapi juga di isi boleh banyak acara , diantaranya ada pementasan tim paduan suara yang sudah berlomba hingga tingkat international , pementasan seni oleh ukm seni yang sangat keren sampai pementasan musik , dance yang dibawakan sendiri oleh mahasiswa binus..

         AO(Academic Orientation)

Tidak seperti universitas lain , Universita Bina Nusantara memiliki 3 tahap fep , nahh apa saja 3 tahap itu ?? 3 tahap itu terdiri dari fep Go , AO , CO

tujuanya agar mahasiswa baru Binus dapat benar-benar memahami tata tertib di Binus juga agar mahasiswa baru Binus merasa nyaman ketika memasuki perkuliahan yang sebenarnya. Nah untuk tahap AO ini disini kami diberikan kesempatan untuk mencicipi materi perkuliahan dari jurusan kami , selama 2 minggu saya mencicipi apa saja yang dipelajari oleh seorang mahasiswa jurusan teknik informatika..

Setelah mencicipi materi perkuliahan dari teknik informatika , saya merasa bahwa kemampuan saya berada jauh dibawah teman – teman , dan sempat merasa putus asa .. tapi beberapa dosen menceritakan pengalaman mereka , bahwa pada awalnya mereka juga tidak bisa sama sekali , tapi seiring waktu mereka diajari , belajar lebih keras dari mahasiswa yang memiliki kemampuan baik , hingga pada akhirnya mereka menguasai apa yang mereka pelajari. Karena itu saya yakin saya juga pasti bisa seperti mereka , saya pun menjadi lebih sering menghabiskan waktu di perpustakan setelah jam kelas berakhir untuk mempelajari apa yang akan saya pelajari dikelas juga mengulang apa yang telah saya pelajari di kelas. Disini kami juga di berikan dosen pembimbing untuk membimbing kami selama perkuliahan di binus , kami dapat bertanya kepada dosen pembimbing kami mulai dari tentang materi perkuliahan , permasalahn perkuliahan juga masalah pribadi. Semoga sayaa dapat menjalani perkuliahan dengan nilai sempurna ( Doakan ya … 😀 )

 

         HIMTI Togetherness and Top Performance

Akhirnya hari-hari yang ditunggu tiba, meskipun mahal tapi menurut saya acara ini sepadan. Karena kami mendapatkan pembelajaran Bahasa C lebih dahulu dibanding yang lain, ditambah dengan E-Certificate dan masih banyak keuntungan yang lainnya. Pagi hari kami berkumpul di Binus untuk menunggu bis yang akan mengantar kami ke Gedung BPPT II. Bis datang dan acara pun berjalan tepat waktu. Sambil menunggu, mereka menayangkan film yang bertemakan tentang teknologi supaya kami tidak bosan menunggu dan tetap menonton film yang bermakna. Acara ini banyak mengandung pembelajaran untuk kami. Seperti contohnya talk show yang memberikan kami informasi tentang apa saja yang akan kami lalui apabila kami membuka bisnis. Ada pula visualisasi yang memberikan kami gambaran tentang apa saja yang akan kami lalui saat kuliah nanti, beserta organisasi HIMTI dan SPAH yang mereka anjurkan untuk kami ikuti. Tidak hanya duduk terus selama HTTP berlangsung, kami juga diajak berkeliling seputar gedung, untuk mengikuti games yang diadakan sponsor ataupun sekedar membeli cemilan. Akhir acara, HTTP ini berlangsung dengan meriah akibat sejumlah dancer , guest star, dan DJ.

 

Yakkk sepertinya itu saja pengalaman saya selama Fep 2019 ini , dalam acara Fep ini saya belajar banyak hal juga mendapat banyak pengalaman berharga yang tak terlupakan.. saya sangat senang menjadi bagian dari universitas Bina Nusantara ini , Semoga kita semua dapat menyelesaikan perkuliahan untuk 4 tahun kedepan dengan nilai yang memuaskan.. SAMPAI JUMPAA ……!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *